Monday, October 28, 2019

Paket Lengkap Reaksi Investor Dalam Pasar Modal Atas Insiden Menguatnya Kurs Dolar Amerika Serikat Terhadap Nilai Tukar Rupiah Pada 26 Agustus 2015 (Study Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food And Beverage Yang Listed Di Bei)


Abstrak: Menguatnya kurs dolar terhadap nilai tukar rupiah merupakan sebuah insiden ekonomi yang sanggup menghipnotis aktivitas-aktivitas pasar modal Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menemukan bukti empiris perbedaan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan setelah menguatnya kurs dolar Amerika Serikat terhadap nilai tukar rupiah pada 26 Agustus 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan memakai data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan. Ada 14 perusahaan sub sektor food and beverage yang dipakai dalam penelitian ini sebagai sampel dengan memakai metode purposive sampling. Data kuantitatif dalam penelitian ini dianalisis dengan memakai teknik paired sample t-test yang didukung oleh acara SPSS versi 24. Hasil dari penelitian ini mengambarkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan setelah menguatnya kurs dolar Amerika Serikat terhadap nilai tukar rupiah pada 26 Agustus 2015. Sebaiknya pihak perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage sanggup selalu menjaga stabilitas dan peningkatan return saham dan volume perdagangan saham.
Kata Kunci: event study, abnormal return, trading volume activity, menguatnya kurs dolar amerika serikat terhadap nilai tukar rupiah pada 26 Agustus 2015
Penulis: Christa T.S. Liwe, Parengkuan . Tommy, Joubert B. Maramis
Kode Jurnal: jpmanajemendd180312

No comments:

Post a Comment