Friday, March 8, 2019

Paket Lengkap Kesantunan Berbahasa Sebagai Sebuah Seni Administrasi Untuk Mempersuasikan Promosi Perguruan Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (Stiepari) Semarang


Abstract: Penggunaan bahasa dalam mempersuasikan promosi perguruan tinggi tinggi sering menyimpang dari kesantuan berbahasa, terutama di perguruan tinggi tinggi swasta. Untuk mengetahui hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsi dan menjelaskan kesantunan serta penyimpangan prinsip kesantuan berbahasa sebagai stratregi untuk mempersuasikan promosi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI). Wujud data penelitian ini ialah pemakaian tuturan yang dilakukan tim promosi dalam berpromosi yang menyimpang dari kesantunan berbahasa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, teknik rekam, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif. Berdasarkan analisis hasil penelitian ditemukan bahwa tim promosi melaksanakan promosi melalui media auditif, visual, dan audio visual. Media auditif yang dipakai, yaitu promosi melalui siaran radio Idola, presentasi di beberapa SMA/SMK di kota/kabupaten di Jawa Tengah. Berdasarkan temuan hasil penelitian, baik promosi melalui radio, maupun pada ketika presentasi eksklusif ditemukan beberapa skrip spot percakapan yang menyimpang dari kesantunan berbahasa. Penyimpangan bahasa, yaitu dengan memakai bahasa gaul/bahasa humor sengaja dilakukan untuk menarik minat sasaran. Bahasa humor yang digunakan untuk berpromosi tersebut, efektif untuk menjaring mahasiswa baru. Tim promosi bisa berkomunikasi dengan calon mahasiswa secara baik dengan taktik berbahasa yang sesuai dengan situasinya dan bahasa yang disukai oleh para remaja.
Keywords: penyimpangan kesantunan berbahasa, taktik persuasi berpromosi
Penulis: Rati Riana, Sofyandanu Setiadi, Enggar Dhian Pratamanti
Kode Jurnal: jpmanajemendd161127

No comments:

Post a Comment