Saturday, March 9, 2019

Paket Lengkap Faktor-Faktor Yang Menghipnotis Sikap Anggota Organisasi (Organizational Citizenship Behavior)


ABSTRAK: Sumber daya insan memegang peranan penting dalam sebuah organisasi. Namundemikian bukanlah hal yang gampang untuk mengarahkan sumber daya insan untukmencapai tujuan organisasi serta menghindari sikap egois para anggotanya yangseringkali menjadi faktor penghambat tercapainya tujuan organisasi. Masalah yang timbul yaitu bagaimana menciptakan anggota organisasi untuk setia, membantu orang lain, dan patuh padaorganisasiserta bersediauntuk mengontribusikanupaya dankemampuan mereka untukorganisasi.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui faktor-faktor yang menghipnotis sikap anggota organisasi khususnya di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung,dalam hal ini faktor-faktor yang akan diteliti yakni faktor keadilan prosedural dankepemimpinan transformasional. Analisis data dilakukan dengan memakai analisis regresi berganda.
Hasil penelitian mengatakan bahwa keadilan prosedural, kepemimpinantransformasional, serta budaya organisasi merupakan faktor-faktor yang membentuk sikap anggota organisasi. Pada penelitian ini faktor terbesar yang membentuk sikap anggota organisasi yakni budaya organisasi. Budaya organisasi yang berisi nilai-nilailuhur serta kebiasaan yang baik akan membentuk aksara tenaga pendidik sehinggamereka mempunyai sikap yang baik pula dalam organisasi tersebut.
Kata Kunci: organizational citizenship behavior, keadilan prosedural, kepemimpinan Transformasional, budaya organisasi
Penulis: Habibullah Jimad
Kode Jurnal: jpmanajemendd161102

No comments:

Post a Comment