Saturday, March 9, 2019

Paket Lengkap Dampak Kualitas Layanan Elektronik Siakad Online Terhadap Kepuasan Mahasiswa Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Lampung


ABSTRAK: Sistem Layanan Elektronik atau Electronic Services yang disingkat E-Services merupakan suatu aplikasi yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Layanan elektronik merupakan layanan melalui internet yang mengacu kepada perdagangan melalui internet, pinjaman pelanggan, termasuk layanan non-komersial yang biasanya disediakan oleh forum pemerintah. Industri perbankan dengan e-banking, industri penerbangan dengan e-ticketing, pemerintah dengan e-government dan industri pendidikan dengan e-learningnya.
Salah satu layanan elektronik yang disuguhkan oleh Perguruan Tinggi yakni SIAKAD Online, merupakan Sistem Informasi Akademik yang dibangun secara terpusat, up-to-date, dan real time untuk memperlihatkan fasilitas kepada sivitas akademika dalam acara manajemen akademik kampus secara online. Dengan memakai Siakad Online, maka kualitas pelayanan akademik yang diterima mahasiswa akan meningkat, terutama dalam hal keakuratan informasi, transfer informasi, efisiensi dan ketepatan waktu.
Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui imbas kualitas layanan elektronik Siakad Online yang terdiri dari kualitas interaksi layanan elektronik (e-core service quality) dan kualitas layanan purna elektronik (e-recoveryservice quality) terhadap kepuasan mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung dengan populasi penelitian ini yakni mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Sampel sebanyak 100 responden, melalui metode non probability sampling dengan teknik random sampling.
Hasil analisis data memperlihatkan bahwa hipotesi yang menyatakan kualitas interaksi layanan elektronik (e-core service quality) Siakad Online Universitas Lampung kuat positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (β 0,480; t 5.640; sig 0,00). Selanjutnya hipotesis yang menyatakan bahwa kualitas layanan purna elektronik (e-recovery service quality) Siakad Online Universitas Lampung kuat positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis terjawab dan sanggup didukung oleh hasil penelitian ini (β 0,346; t 4,066; sig 0,00).
Penulis: Yuniarti Fihartini, S.E., M.Si.
Kode Jurnal: jpmanajemendd151618

No comments:

Post a Comment