Saturday, March 9, 2019

Paket Lengkap Taktik Komunikasi Bisnis Dalam Administrasi Kepuasan Pelayanan Pelanggan Pada Perusahaan E-Commerce


ABSTRAK: Di masa bisnis menyerupai sekarang, komunikasi bisnis perusahaan yang efektif denganpelanggan menjadi semakin penting. Sebagian besar organisasi mengakui bahwa komunikasidengan pelanggan dengan cara yang mendukung, menghormati dan mendorong pelanggan menjadisangat penting untuk mencapai keberhasilan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui taktik komunikasi bisnis dalam administrasi kepuasan pelanggan perusahaan ecommerce dan efek taktik komunikasi bisnis terhadap kepuasan proteksi pelayanan pelanggan.
Penelitian ini dilakukan memakai kombinasi metode kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian yaitu data primer yang diperoleh melalui wawancara dan kuesioner, serta datasekunder yang diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif serta uji regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa taktik komunikasi bisnis pada perusahaan yang bergerak dalam bisnis e-commerce melibatkan tingkat manajer dan staf lapangan yangberhubungan pribadi dengan pelanggan dengan orientasi utama pada proteksi pelayanan yangdapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, taktik komunikasi bisnis yang diterapkantelah memperlihatkan efek terhadap kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan olehperusahaan. Kepuasan pelanggan ini terlihat dari persepsi pelanggan terhadap tingginya nilai aspek fisik, keandalan, daya-tanggap, jaminan, dan tenggang rasa yang ditunjukkan oleh staf di lapangan dalam memperlihatkan pelayanan dikala pelanggan bertanya, ingin membeli, membeli atau sesudah membeli produk yang ditawarkan. Temuan ini dengan terang memperlihatkan bahwa perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor bisnis e-commerce selama ini bisa tumbuh dan berkembang alasannya yaitu mereka intinya menerapkan taktik komunikasi bisnis yang relatif sempurna sesuai dengan impian pelanggan.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi Bisnis, Manajemen Pelayanan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan, SERVQUAL
Penulis: Dewi Suma
Kode Jurnal: jpmanajemendd161101

No comments:

Post a Comment