Friday, March 8, 2019

Paket Lengkap Efektivitas Training Berfikir Nyata Sebagai Taktik Coping Stress Pada Guru Sekolah Dasar Anak Berkesulitan Belajar


Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris efek training berpikir konkret terhadap taktik koping pada guru sekolah dasar anak berkesulitan berguru di Semarang. Subyek penelitian berjumlah 13 orang. Profesi sebagai guru untuk anak berkesulitan berguru dan berkebutuhan khusus sangat rentan mengalami stres. Tuntutan pekerjaan yang tinggi, cita-cita orang renta yang tidak realistis terhadap hasil kerja guru seringkali menjadikan stres. Diperlukan taktik koping yang baik untuk mengatasi hal ini.
Dalam penelitian ini metode yang dipakai yakni metode eksperimen, dengan disain penelitian pre-test post-test without control group dimana subyek penelitian diberi perlakuan berupa training berpikir konkret untuk dilihat pengaruhnya terhadap taktik koping untuk mengatasi stres dan diukur dikala sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Hasil penelitian yang dianalisis dengan kegiatan SPSS versi 20 mengatakan bahwa terdapat santunan training berpikir konkret sebesar 23% terhadap taktik koping, yang bermakna terdapat faktor-faktor lain yang mensugesti taktik koping stress pada guru sekolah dasar untuk anak berkesulitan belajar.
Keywords: startegi koping stres, training berpikir positif, guru
Penulis: Mulya Virgonita I.W, Fitria Linayaningsih
Kode Jurnal: jpmanajemendd161125

No comments:

Post a Comment