Abstract: Berdasarkan hasil tes, terdapat peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap bahan pasar valuta abnormal dalam setiap siklusnya. Nilai rata-rata pada siklus I untuk semester 5/A/IESP mencapai 76,95 dan pada siklus II yaitu 93,37. Ketuntasan berguru pada siklus I yaitu 63,05% dan pada siklus II yaitu 100%. Peningkatan pemahaman diikuti juga oleh kegiatan mahasiswa yang meningkat. Kesimpulan hasil penelitian ini ialah pemahaman mahasiswa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran CTL paada mahasiswa semester 5 jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi UMSU. Peneliti menyarankan supaya dosen memakai model pembelajarn CTL ini dalam pembelajaran bahan kuliah pasar valuta abnormal pada mata kuliah ekonomi internasional 2 dan dosen harus sungguh-sungguh membimbing mahasiswanya dalam pembelajaran.
Kata kunci: Pemahaman bahan pasar valuta asing, Contextual Teaching and Learning
Penulis: Sri Endang Rahayu, Hastina Febriaty
Kode Jurnal: jpmanajemendd151519
No comments:
Post a Comment