Sunday, August 11, 2019

Paket Lengkap Imbas Prosedur Internal Corporate Governance Terhadap Pemilihan Auditor Eksternal


Abstract: Mekanisme Corporate Governance mempunyai efek terhadap pemilihan auditor eksternal oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek prosedur Corporate Governance yang diproksikan dengan kepemilikan saham terbesar, ukuran dewan komisaris, efektivitas komite audit, dan proporsi dewan komisaris independen terhadap pemilihan auditor eksterna pada perusahaan non perbankan . Penelitian ini memakai auditor Big 4 dan auditor Non Big 4 sebagai proksi dari pemilihan auditor eksternal yang akan dipilih oleh perusahaan.
Metode analisis yang dipakai ialah Logistic Regresion. Dimana jumlah sampel yang dipakai dalam penelitian ini ialah perusahaan non perbakan yang terdaftar di Burs Efek Indonesia tahun 2013 sebanyak 177 perusahaan.
Hasil penelitian mengatakan bahwa dewan komisaris dan efektivitas komite audit besar lengan berkuasa terhadap pemilihan auditor eksternal sedangkan komisaris independen dan kepemilikan saham terbesar tidak besar lengan berkuasa terhadap pemilihan auditor eksternal.
Keywords: Mekanisme Corporate Governance, pemilihan auditor eksternal
Penulis: Febrina Nafasati P, Dian Indudewi
Kode Jurnal: jpmanajemendd151417

No comments:

Post a Comment