Saturday, August 10, 2019

Paket Lengkap Efek Pendayagunaan Zakat Produktif Terhadap Pemberdayaan Mustahiq Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid Yogyakarta (Studi Kasus: Desa Ternak Dapat Bangun Diatas Kaki Sendiri Di Desa Dlingo Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul)


Abstract: Salah satu cara menanggulangi kemiskinan yakni derma orang yang bisa untuk mengeluarkan harta kekayaan mereka berupa dana maupun binatang ternak kepada mereka yang kekurangan. Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhid Yogyakarta (DPU DT Yogyakarta) sebagai Lembaga Amil Zakat yang berperan mendistribusikan zakat produktif kepada mustahiq, DPU DT juga mempunyai cara pandang bahwa pendistribusian zakat produktif berupa binatang ternak sanggup meningkatkan kualitas hidup. Melalui aktivitas Desa Ternak Mandiri (DTM), dimana dalam aktivitas ini pemberian zakat produktif berbentuk binatang yaitu kambing.  Penelitian yang dilakukan ini yakni penelitian lapangan (field research), dengan memakai pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini pembahasan akan menitikberatkan pada Bagaimana Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif terhadap Pemberdayaan Mustahiq di DPU Daarut Tauhid Yogyakarta. Di mana penelitian ini merupakan penelitian laporan pengamatan lapangan yaitu penelitian terhadap data primer melalui wawancara maupun kuesioner. Teknik analisis data yang dipakai analisis pemanis penghasilan, analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier, dan uji sample paired T test. Hasil pengujian dalam penelitian ini menawarkan bahwa penghasilan sebelum mendapatkan zakat produktif berupa tenak kuat kasatmata terhadap konsumsi dan sedekah mustahiq, begitu juga dengan penghasilan setelah mendapatkan zakat produktif berupa ternak kuat kasatmata terhadap konsumsi dan sedekah mustahiq. Untuk koefisien determinasi variasi konsumsi, sedekah mustahiq kuat terhadap variabel penghasilan sebelum mendapatkan zakat produktif sebesar 52,7 persen sedangkan 47,3 persen dipengaruhi oleh variasi variabel lain diluar dari penelitian ini, begitu juga variasi konsumsi, sedekah mustahiq kuat terhadap variabel penghasilan setelah mendapatkan zakat produktif sebesar 46 persen sedangkan 54 persen dipengaruhi oleh variasi variabel lain diluar dari penelitian ini.
Keywords: Penghasilan Mustahiq Sebelum dan Sesudah Konsumsi; Sedekah; Mustahiq Income Before and After, Consumption; Sadaqah
Penulis: Revita Sari
Kode Jurnal: jpmanajemendd151498

No comments:

Post a Comment