Friday, February 22, 2019

Ahli Matematika Cara Gampang Menciptakan Judul Kolom Tabel Vertikal Di Microsoft Word

Ketika kita menciptakan tabel di Microsoft Word, kadang tabel yang kita buat hanya berupa checklist ataupun hanya mempunyai isi yang relatif sedikit atau lebih pendek kalau dibandingkan dengan judul kolom sehingga kalau kolom yang hendak ditampilkan banyak akan sangat memakan daerah / lebar halaman. Untuk menghemat penggunaan lebar halaman maka judul kolom tersebut sebaiknya di buat secara vertikal. Sebagai pola lihat gambar di bawah. Pada gambar tersebut terlihat dimana kolom untuk support for goal number 1, support for goal number 2, dan seterusnya sangat memakan daerah dan tidak cukup ditampilkan dalam kertas, padahal isi kolom tersebut cuma “X” saja. Untuk menciptakan judul kolom vertical pada tabel Microsoft Word 2007 anda sanggup memakai langkah berikut.

Cara Pertama: Membuat Teks Vertikal Menggunakan Ribbon

  1. Blok dahulu cell table yang akan dibentuk menjadi vertical alignment.
  2. Pada sajian Table Tools, pilih ribbon Layout.
  3. Kemudian Klik Tombol Text Direction. Tulisan akan menjadi dari atas ke bawah. Bila anda klik sekali lagi maka teks akan menjadi dari bawah ke atas. Lalu kalau klik lagi, maka teks akan kembali dari kiri ke kanan. Dan seterusnya.
  4. Ketika kita menciptakan tabel di Microsoft Word Ahli Matematika Cara Praktis Membuat Judul Kolom Tabel Vertikal di Microsoft Word
  5. Pilihlah salah satu bentuk dari teks yang anda inginkan. Misalkan teks ditampilkan dengan bentuk arah dari bawah ke atas.
  6. Setelah itu aturlah format cell untuk judul kolom tersebut termasuk lebar dari masing – masing kolom tersebut sesuai dengan tampilan yang anda harapkan.
  7. Tabel telah menjadi lebih baik dan yummy untuk di baca kalau dibandingkan dengan bentuk tabel sebelumnya menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Ketika kita menciptakan tabel di Microsoft Word Ahli Matematika Cara Praktis Membuat Judul Kolom Tabel Vertikal di Microsoft Word

Cara Kedua : Menggunakan Popup sajian

  1. Blok dahulu cell table yang akan dibentuk menjadi vertical alignment.
  2. Klik tombol kanan mouse pada cell yang telah diseleksi tersebut
  3. Pilih item sajian Text Direction..
  4. Selanjutnya anda akan diberikan sebuah jendela dialog Text Direction. Pilih bentuk yang anda inginkan, apakah bentuk goresan pena dari atas ke bawah atau bentuk teks dari bawah ke atas. Agar sama dengan cara Pertama di atas, Pilih bentuk teks dari bawah ke atas.
  5. Kemudian klik OK.
  6. Teks anda akan berubah sesuai dengan pilihan anda pada kotak obrolan tersebut.

Jika anda tidak ingin mempunyai judul kolom vertikal yang terlalu tinggi, maka anda sanggup menyingkat judul kolom tersebut atau menciptakan kolom tersebut menjadi dua baris atau lebih.

No comments:

Post a Comment