Tuesday, February 26, 2019

Ahli Matematika Bahan Bunga Tabungan Dan Pajak

materi matematika untuk smp kelas 7

Bunga Tabungan

Apabila kita menyimpan uang di bank, maka kita akan mendapat aksesori uang yang disebut  bunga. Bunga tabungan dihitung berdasarkan persen nilai. Bunga tabungan dihitung secara periodik, contohnya sebulan sekali atau setahun sekali. Ada dua jenis bunga tabungan, yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk.  Bunga tunggal ialah bunga yang dihitung hanya berdasarkan besarnya modal saja, sedangkan  bunga beragam ialah bunga yang dihitung berdasarkan besarnya modal dan bunga. Pada pembahasan ini kita hanya akan mempelajari mengenai bunga tunggal.

untuk lebih jelasnya silahkan kerjakan pola soal matematika perihal bunga tabungan berikut :

Vega menyimpan uang di bank sebesar Rp2.000.000,00 dengan suku bunga 18% setahun dengan bunga tunggal. Tentukan
a. besarnya bunga pada simpulan bulan pertama;
b. besarnya bunga pada simpulan bulan keenam;
c. besarnya uang sesudah 2 tahun.

Pajak

Perhatikan setiap ibu kalian membayar pajak listrik. Pajak tersebut biasanya dibayarkan setiap bulan. Perhatikan pula ketika kalian membeli barang, di setiap kemasannya biasanya tertera goresan pena harga i ni s udah t ermasuk p ajak. Jadi, berdasarkan kalian, apa sesungguhnya pajak itu? Pajak ialah suatu kewajiban yang dibebankan kepada masyarakat untuk menyerahkan sebagian kekayaan kepada negara berdasarkan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Jadi, pajak bersifat mengikat dan memaksa.
Banyak sekali jenis-jenis pajak, antara lain Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penghasilan (PPh). Perhitungan nilai pajak akan kalian pelajari pada bab ini.

untuk lebih jelasnya silahkan kerjakan pola soal matematika perihal Pajak berikut :

Pak Putu memperoleh honor Rp950.000,00 sebulan dengan penghasilan tidak kena pajak Rp380.000,00.
Jika pajak penghasilan (PPh) diketahui 10%, berapakah besar honor yang diterima Pak Putu per bulan?

No comments:

Post a Comment