- Misalkan kita telah mengetik data pada sel A2 sampai A16.
- Selanjutnya pilih sel kosong, misalkan di D3, D4 dan D5, kemudian berturut-turut ketik rumus berikut :
- =MIN(A2:A16), untuk mencari nilai minimum
- =MAX(A2:A16), untuk mencari nilai maksimum
- =AVERAGE(A2:A16), untuk menghitung rata-rata
- Microsoft excel akan menghitung dan menampilkan nilai minimum, maksimum dan rata-rata dari daftar nilai yang diberikan.
Friday, February 1, 2019
Ahli Matematika Cara Menghitung Nilai Minimum,Maksimum Dan Rata-Rata Di Excel
Nilai paling kecil (minimum), paling besar (maksimum) dan nilai rata-rata sering dipakai dalam excel, diantaranya untuk menemukan berapa besarkah rentang atau selisish antar data terkecil dengan data yang mempunyai nilai terbesar. Oleh alasannya itu nilai minimum, maksimum dan rata-rata sering juga ketika kita menciptakan sebuah statistik deskriptif dari sebuah kumpulan angka. Microsoft excel telah menyediakan tiga buah fungsi statistik standar yakni MIN(), MAX() dan AVERAGE()untuk mencari ketiga nilai tersebut sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot menghitungnya esecara manual. Parameter, nilai yang diberikan untuk menjalankan fungsi, bagi ketiga fungsi tersebut ialah sama, yakni berupa nilai atau range sel. Berikut pola penerapannya dalam aplikasi sederhana :
Untuk mengetahui nilai modus atau nilai yang paling sering muncul, gunakan fungsi MODE() sedangkan untuk mengetahui nilai yang berada ditengah-tengah, atau median, gunakan fungsi MEDIAN(). Untuk lebih jelasnya lihat pola cara mengetahui nilai yang paling sering muncul dan nilai tengah dari data di Microsoft Excel.
Tips Cara Menghitung Nilai Minimum,Maksimum dan Rata-Rata di Microsoft Excel
Labels:
fungsi,
microsoft excel,
rumus,
statistik
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment