Friday, February 22, 2019

Ahli Matematika Cara Menciptakan Beberapa Format Halaman Dalam Satu Dokumen Microsoft Word

Ketika menciptakan dokumen umumnya kita memakai kertas A4 portrait, tetapi sanggup jadi ditengah-tengah halaman dokumen kita perlu menyisipkan gambar yang lebar atau tabel dengan jumlah kolom yang banyak sehingga kita membutuhkan format kertas memakai kertas Folio / F4 dengan bentuk landscape. Bersyukurlah sebab Microsoft Word memperbolehkan kita dan mendukung penggunaan beberapa format kertas yang berbeda dalam satu dokumen.
Ketika menciptakan dokumen umumnya kita memakai kertas  Ahli Matematika Cara Membuat Beberapa Format Halaman Dalam Satu Dokumen Microsoft Word
Misalkan kita perlu menciptakan dokumen dengan format kertas A4 Portrait beberapa lembar, kemudian kertas Folio /F4 Landscape, dan kembali lagi ke kertas A4 Portrait (lihat pola gambar preview dokumen di atas). Untuk menciptakan dokumen ibarat itu di Microsoft Word 2007 kita sanggup melakukannya dengan langkah berikut.

a. Atur Kertas Dokumen menjadi A4 Portrait

  1. Pertama – tama buat format dokumen dengan bentuk kertas A4, caranya: Buka dialog page setup dengan cara klik sajian ribbon Page Layout, kemudian klik tombol untuk memunculkan Dialog Page Setup
  2. Ketika menciptakan dokumen umumnya kita memakai kertas  Ahli Matematika Cara Membuat Beberapa Format Halaman Dalam Satu Dokumen Microsoft Word
  3. Pada obrolan Page Setup yang muncul pilih tab Margin lalu pilih Portrait.
  4. Selanjutnya pilih Tab Paper lalu pada paper size pilih ukuran kertas A4.
  5. Kemudian pada kepingan bawah pastikan pada Kotak Apply To berisi Whole Document sebab anda akan menciptakan semua dokumen mempunyai format A4 Portrait terlebih dahulu.
  6. Klik OK untuk merubah dokumen menjadi mempunyai format A4 Portrait.

b. Ketik Isi dokumen

Ketikkan teks atau sisipkan gambar pada dokumen. Isi dokumen sesuai dengan kehendak anda.

c. Menyisipkan Kertas Folio / F4 Landscape

Tahap berikutnya yaitu menyisipkan format F4 Landscape. Untuk menyisipkan Kertas Folio / F4 Landscape anda sanggup mengikuti langkah berikut:
  1. Tempatkan kursor Teks (berupa garis vertikal kedap-kedip) pada selesai dokumen atau posisi kawasan anda akan menyisipkan Kertas Folio / F4 Landscape.
  2. Tampilkan kembali dialog page setup
  3. Klik tab Margin lalu pilih Landscape
  4. Selanjutnya klik tab Paper, kemudian pilih ukuran kertas Folio / F4 atau ukuran 8.5 x 13″ (inchi). Bila anda ingin kertas ukuran legal maka pilih saja ukuran legal, dan sebagainya.
  5. Pada kepingan bawah, pada kotak Apply To pilih item This Point Forward. Karena anda ingin menciptakan kertas Folio / F4 landscape mulai dari kursor sampai ke selesai dokumen
  6. Lalu klik OK untuk menciptakan kertas folio / F4 landscape.

d. Kembali ke Ukuran Kertas A4 Portrait

Untuk menciptakan kertas ukuran portrait sedikit berbeda dengan yang sebelumnya.
  1. Munculkan kembali Dialog Page Setup
  2. Pada dialog Page Setup yang muncul pilih tab Margin lalu pilih Portrait.
  3. Selanjutnya pilih Tab Paper lalu pada paper size pilih ukuran kertas A4.
  4. Kemudian pada kepingan bawah pastikan pada Kotak Apply To pilih This Point Forward
  5. Klik OK untuk merubah dokumen kembali menjadi mempunyai format A4 Portrait.

e. Menambah Format Kertas yang lain

Selanjutnya jikalau anda ingin memakai lagi format kertas yang berbeda baik ukuran kertas maupun orientasi kertas (portrait/landscape) anda sanggup menciptakan sama dengan konsep yang di atas, khususnya pada point 3 dan poin 4.

Saat merubah ukuran kertas maupun orientasi kertas menjadi portrait / landscape dengan memakai cara gampang yakni melalui tombol ribbon secara eksklusif maka akan dipakai untuk keseluruhan dokumen (whole document) yang ada dalam seksi (section) yang sama.

No comments:

Post a Comment