Thursday, August 9, 2012

Paket Lengkap Imbas Kualitas Produk, Harga, Dan Kawasan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pasar Tradisional Remboken (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Sinuian Kec. Remboken)


Abstrak: Salah satu kelebihan pasar tradisional yaitu harga yang dijual pedagang sanggup ditawar oleh pembeli, sehingga harga yang terjadi yaitu persetujuan dari penjual dan pembeli. Faktor yang sanggup mensugesti keputusan konsumen untuk melaksanakan pembelian sanggup diukur dengan variabel harga, pelayanan, kualitas, lingkungan fisik, lokasi, dankeragaman barang. Kepuasan konsumen juga berarti sejauh mana manfaat sebuah produk dirasakan sesuai dengan apa yangdiharapkan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bagaimana efek kualitas produk, harga dan tempatterhadap kepuasan konsumen pada pasar tradisional Remboken. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh konsumenyang berada di Desa Sinuian Kecamatan Remboken. Teknik pengambilan sampel memakai rumus Rao Purba, lalu diperoleh total sampel sebanyak 93 responden. Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji perkiraan klasik dan analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji F dan uji t. Hasil analisismenunjukkan bahwa kualitas produk, harga, dan daerah secara simultan kuat signifikan terhadap kepuasankonsumen di Pasar Tradisional Kecamatan Remboken. Secara parsial, variabel produk dan harga mempunyai pengaruhsignifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel daerah mempunyai efek aktual namun tidak signifikan pada pasartradisional Kecamatan Remboken.
Kata kunci: kualitas produk, harga, tempat, kepuasan konsumen
Penulis: Gladis Mongkau, Lotje Kawet, Jantje Sepang
Kode Jurnal: jpmanajemendd170704

No comments:

Post a Comment