Saturday, May 12, 2012

Paket Lengkap Analisis Segmentation, Targeting Dan Positioning Kartu Kredit (Studi Pada Pengguna Kartu Kredit Bri-Touch Pt. Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) Kantor Wilayah Manado)


Abstrak: Memenangkan persaingan pasar, tidak hanya sebatas menyusun bauran pemasaran sebagai taktik, namun lebih dari itu juga penting untuk menyusun taktik segmenting, targeting market, dan positioning yang diinginkan oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan terhadap pengguna kartu kredit BRI-Touch di Manado dengan tujuan untuk menganalisis dan mengetahui segmentation, targeting dan positioning dari kartu kredit BRI-Touch. Penelitian ini merupakan penelitian survey. Jenis penelitian ini ialah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif di mana ruang lingkupnya menyangkut ihwal segmen, target, dan posisi produk. Pengambilan data dilakukan secara purposive sampling. Kuesioner yang dibagikan sebanyak 130. Alat analisis yang dipakai ialah cluster analysis dan crosstab analysis untuk segmentasi, sedangkan untuk positioning dipakai alat analisis multidimensional scaling (MDS). Dari hasil cluster analysis, terbentuk 3 cluster segmentasi menurut demografi. Berdasarkan segmentasi demografi dan segmentasi sikap yang didasarkan pada manfaat terbentuk juga 3 cluster. Hasil analisa multidimensional scaling menunjukkan citra posisi kartu kredit BRI-Touch yang dibandingkan dengan pesaingnya.
Kata Kunci: Segmentasi Pasar, Target Pasar, Posisi Pasar
Penulis: Yishak G.G. Wowiling, Altje L. Tumbuan, Rudy S Wenas
Kode Jurnal: jpmanajemendd170811

No comments:

Post a Comment