Monday, December 2, 2019

Paket Lengkap Studi Komparatif Efek Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Pt. Bpr. Mertha Sedana Dan Pt. Bpr. Mas Giri Wangi


ABSTRACT: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pada efek kualitas pelayanan terhadap kepuasan pada nasabah PT. BPR. Mertha Sedana dan PT. BPR. Mas Giri Wangi. Penelitian melibatkan 2 Bank Perkreditan Rakyat yang mempunyai kesamaan pada permodalan namun berlokasi di daerah yang berbeda. Analisis regresi linier berganda dipakai sebagai teknik analisis data. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini ialah Purposive Sampling. Purposive sampling ialah penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu sehingga kriteria yang dipakai dalam memilih sampel berupa pendidikan terakhir minimal SMA, merupakan nasabah pada BPR terkait, dan pernah melaksanakan transaksi pada BPR terkait. Jumlah responden yang terlibat pada masing – masing BPR ialah 65 orang sehinga total keseluruhan responden yang terlibat ialah 130 orang. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menawarkan variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan tenggang rasa kuat terhadap variabel kepuasan nasabah baik nasabah PT. BPR. Mertha Sedana dan PT. BPR. Mas Giri Wangi. Hasil yang ditemukan ialah kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan tenggang rasa kuat faktual dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada kedua BPR. Empati merupakan variabel yang paling lebih banyak didominasi mensugesti kepuasan pada nasabah PT. BPR. Merttha Sedana, sedangkan keandalan merupakan variabel yang paling lebih banyak didominasi mensugesti kepuasan nasabah PT. BPR Mas Giri Wangi.
Kata kunci: Bank Perkreditan Rakyat (BPR), Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah
Penulis: Kadek Ari Dwi Divayana, Gede Bayu Rahanatha
Kode Jurnal: jpmanajemendd180095

No comments:

Post a Comment