Monday, December 2, 2019

Paket Lengkap Efek Alat Pemasaran Hijau Terhadap Sikap Pembelian Konsumen


ABSTRACT: Fenomena meningkatnya kesadaran dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan mendorong setiap individu mengonsumsi produk ramah lingkungan yang menciptakan perusahaan menerapkan taktik pemasaran hijau. Salah satu perusahaan yang mengimplementasikan taktik pemasaran hijau yakni PT. Martina Berto, Tbk dengan produknya Sariayu Martha Tilaar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui imbas alat pemasaran hijau berupa eco label, eco brand, dan environmental advertisement serta variabel mana yang kuat lebih banyak didominasi terhadap sikap pembelian konsumen pada Sariayu Martha Tilaar. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dan dilakukan di Kota Denpasar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 112 responden dengan metode non-probability sampling teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang dipakai regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menawarkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Eco label kuat kasatmata dan signifikan terhadap sikap pembelian konsumen. Eco merk kuat kasatmata dan signifikan terhadap sikap pembelian konsumen. Environmental advertisement kuat kasatmata dan signifikan terhadap sikap pembelian konsumen. Eco merk merupakan variabel alat pemasaran hijau yang kuat lebih banyak didominasi terhadap sikap pembelian konsumen.
Kata kunci: eco label, eco brand, environmental advertisement, dan sikap pembelian konsumen
Penulis: Ni Made Ari Puspa Dewi, Ketut Rahyuda
Kode Jurnal: jpmanajemendd180097

No comments:

Post a Comment