Friday, January 18, 2019

Ahli Matematika Olimpiade Sains Nasional (Osn)

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu kegiatan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama,  Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan  mutu pendidikan. Selain  itu OSN merupakan salah satu  strategi untuk membuatkan wahana kompetisi bagi siswa tingkat SMP seluruh Indonesia dalam bidang IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade  ini tercipta  pula atmosfer kompetisi secara sehat antar sekolah,  sehingga sekolah berlomba-lomba membuatkan kegiatan peningkatan mutu pembelajaran dalam bidang IPA
(Biologi, Fisika), Matematika, dan ire.


Pengembangan kegiatan peningkatan mutu  pembelajaran IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS di sekolah sanggup terjadi alasannya harapan sekolah berprestasi pada ajang Olimpiade Sains Nasional dan diperlukan harapan  itu muncul secara alamiah. Keinginan secara alamiah  ini  dapat memotivasi pengembangan kegiatan peningkatan  mu tu   pembelajaran IPA (Biologi, Fisika),  Matematika, dan ire.

Memotivasi semacam ini  merupakan motivasi intrinsik stake holders sekolah, sebagai modal yang sangat baik, alasannya dengan motivasi  intrinsik  pengembangan  program tersebut akan mendapat proteksi yang baik dan pelaksanaan yang baik pula.
Setelah Olimpiade Sains Nasional dilaksanakan tujuh  kali, banyak perkembangan yang sanggup diidentifikasi. Atmosfer kompetisi  sudah mulai terasa dan efek dari atmosfer  tersebut sudah sanggup diidentifikasi.

Banyak sekolah yang sudah termotivasi untuk mencoba rnengembangkan kegiatan  peningkatan mutu pembelajaran IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS dalam rangka mempersiapkan siswanya  untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional. Hal tersebut  dapat teridentifikasi dengan maraknya kegiatan pelatihan IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS di sekolah melalui
banyak sekali taktik ibarat klub  sains, pelatihan siswa berbakat  sains, kerja  sama dengan perguruan tinggi tinggi, mengundang  tim  pengajar dari perguruan tinggi tinggi, partisipasi  aktif  sekolah  mengikuti kegiatan pelatihan jarak jauh yang diselenggarakan oleh banyak sekali forum olimpiade dan lain-lain. Indikasi ini merupakan efek faktual dari kegiatan olimpiade sains nasional yang sudah mulai tampak.


Fakta-fakta yang muncul  di  lapangan memperlihatkan bahwa    motivasi    intrinsik    sekolah    untuk    meningkatkan kegiatan peningkatan mutu pembelajaran IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS  semakin meningkat. Semangat ini  perlu didukung dengan memperlihatkan informasi-informasi yang sanggup membantu sekolah dalam rangka akselerasi kegiatan  peningkatan mutu pembelajaran IPA (Biologi, Fisika),  Matematika, dan IPS. Informasi tersebut yakni berupa silabus Olimpiade Sains Nasional edisi kelima. Diharapkan revisi silabus Olimpiade Sains Nasional yang diterbitkan pada tahun 2012, sanggup lebih memperjelas
arah pelatihan IPA (Biologi, Fisika), Matematika, dan IPS di sekolah

No comments:

Post a Comment