Dengan membuat data yang ada di worksheet menjadi tabel maka kita bisa melaksanakan proses analisis yang lebih cepat. Perhitungan atau kalkulasi sanggup diperoleh dalam waktu singkat. Nilai-nilai menyerupai jumlah total, nilai minimum atau maksimum, rata-rata atau fungsi di excel yang lainnya.
Membuat Tabel
Berikut ini cara cepat membuat tabel di microsoft excel :
- Untuk Membuat tabel pertama-tama sorot terlebih dahulu data yang kita miliki (atau anda bisa memilihnya belakangan)
- Selanjutnya pada ribbon Home klik Format as Table
- Dari daftar format tabel pilih salah satu, misalkan Table Style Light 9
- Selanjutnya anda diminta mengisikan area tabel. Klik saja OK alasannya sudah sesuai dengan area yang tadi kita blok / sorot.
- Tabel telah jadi dan siap kita proses dan analisa lebih lanjut
Membuat Garis Tabel
Setelah tabel jadi biasanya yang dilihat pertama kali yakni penampilan. Untuk membuat garis tabel atau pembatas antara data kolom atau baris tabel maka lakukan langkah berikut :
- Klik area tabel
- Pada ribbon Design , berikan tanda cakra Banded Rows untuk membuat garis / warna pembatas antar baris tabel, atau berikan tanda check pada Banded Columns untuk membuat garis atau pembatas antar kolom.
Menambahkan Total
Yang lazim dilakukan dalam sebuah tabel yakni menghitung jumlah dari setiap baris /kolomnya. Untuk menambahkan jumlah / total nilai kolom di tabel excel berikan saja tanda check pada
Total Row , maka otomatis jumlah akan ditambahkan.
Mengganti Fungsi Total
Bila ternyata anda perlu memakai fungsi lain untuk mengganti fungsi total (sum) yang telah ditambahkan sebelumnya menyerupai cara di atas maka caranya klik pada baris total, kemudian pada bab kanan klik tombol segitiga. Anda bisa mengganti fungsi sum dengan fungsi lainnya, misalkan dengan fungsi
Min untuk mencari nilai yang paling kecil.
Tips Membuat Tabel Excel dengan Praktis dan Cepat
Silahkan explore lagi untuk kemampuan tabel yang lain, menyerupai untuk pivot atau pun sharing data dengan aplikasi lain. :)
No comments:
Post a Comment