Sunday, April 22, 2012

Paket Lengkap Imbas Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Penerbangan Domestik Rute Manado-Denpasar Pada Pt. Garuda Indonesia Cabang Manado


ABSTRAK: Pertumbuhan industri penerbangan melonjak tajam dalam satu dekade terakhir di Indonesia. Sejumlah armada bersaing ketat merebut pasar domestik dan regional. Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan milik pemerintah Indonesia mencicipi bagaimana ketatnya persaingan untuk merebut pasar domestik dan regional dari para pesaingnya dimana salah satu pasar regional yaitu rute Manado – Denpasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana imbas bauran pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses dan Bukti Fisik terhadap loyalitas pengguna jasa penerbangan domestik rute Manado – Denpasar. Sampel yang dipakai sebanyak 100 orang dengan metode penelitian analisis regresi linier berganda dan dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel bauran pemasaran secara simultan besar lengan berkuasa signifikan terhadap loyalitas pengguna jasa penerbangan Garuda Indonesia dengan rute Manado – Denpasar, sedangkan Variabel yang paling signifikan  berpengaruh terhadap loyalitas pengguna jasa yaitu produk, tempat, promosi, orang, dan proses. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa jika administrasi Garuda Indonesia di Manado ingin mempertahankan atau meningkatkan loyalitas pengguna jasa maka variabel bauran pemasaran yang perlu mendapat perhatian khusus yaitu produk, tempat, promosi, orang, dan proses karna variabel ini paling kuat pengaruhnya terhadap loyalitas pengguna jasa.
Kata Kunci: Bauran pemasara, Loyalitas Pengguna jasa
Penulis: Irene Prok, S L.H.V Joyce Lapian, Jantje Sepang
Kode Jurnal: jpmanajemendd170835

No comments:

Post a Comment